/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Rabu, 20 Oktober 2010

MANAJEMEN UMUM

1. Pengertian
• Mary Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam melakukan pekerjaan melalui orang lain
• James A.F Stoner
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi & sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi
• Luther Gulick
Manejemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa & bagaimana manusia bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusian
Jika kita cermati dari pengertian-pengertian tersebut diatas maka kita akan temukan bahwa manajemen merupakan :
• Ilmu pengetahuan
• Seni
• Proses
Jadi dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa :
Manajemen adalah ilmu dan seni tentang bagaimana manusia bekerjasama dan berusaha secara sistematis melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan
2. Fungsi Manajemen
2.1 Perencanaan (planning)
Perencanaan (planning) merupakan pekerjaan yang meliputi, perumusan tujuan, penetapan strategi, pengembangan rencana-rencana menjadi program yang dapat dikoordinasikan dalam penerapannya.
Fungsi Perencanaan meliputi kegiatan sebagai berikut :
• Pemilihan & penetapan strategi
• Penetapan kebijakan
• Menentukan proyek
• Menentukan prosedur
• Menentukan sistem
2.2 Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian (organizing) merupakan kegiatan yang menetapkan apa yang diperlukan untuk dikerjakan, bagaimana mengerjakannya dan siapa yang akan mengerjakan
Fungsi Pengorganisasian meliputi kegiatan sebagai berikut :
• Menentukan sumberdaya & kegiatan untuk mencapai tujuan
• Merancang & mengembangkan organisasi
• Menentukan penugasan suatu tanggung jawab dan pendelegasian wewenang yang diperlukan
2.3 Leading
Leading merupakan kegiatan mengarahkan dan memotivasi seluruh komponen yang ada dalam organisasi, dan menyelesaikan berbagai konflik
Fungsi leading meliputi kegiatan sebagai berikut :
• Penugasan karyawan untuk bekerja guna mencapai tujuan yang optimal
Hal ini melibatkan kemampuan :
o Memimpin
o Komunikasi
o Motivasi
o Kedisiplinan
Fungsi leading disebut juga : directing, motivating, actuating
2.4 Pengendalian (controlling)
Pengendalian (controlling) merupakan kegiatan untuk memonitor berbagai aktifitas dan menjamin bahwa apa yang dikerjakan sudah sesuai denga perencanaan yang telah dibuat
Fungsi Pengendalian meliputi kegiatan sebagai berikut :
• Mengawasi dan mengendalikan cara kerja karyawan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan
Pengawasan terdiri dari 2 macam :
o Pengawasan positif
Yaitu mencoba untuk mengetahui apakah tujuan organisasi tercapai dengan optimal
o Pengawasan negative
Yaitu mencoba untuk menjamin bahwa kegiatan yang tidak diinginkan tidak terjadi
Unsur-unsur fungsi controlling :
o Penetapan standar pelaksanaan
o Penentuan ukuran-ukuran pelaksanaan
o Membandingkan kenyataan dengan ukuran
o Koreksi bila menyimpang dari standar
2.5 Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi
Fungsi Staffing meliputi kegiatan sebagai berikut :
o Rekrutmen
o Latihan & pengembangan skill pegawai
o Penempatan & pemberian orientasi
o Pembuatan system penggajian & insentif
o Penilaian karyawan
o Pemutusan hubungan kerja
3. Tingkatan manajemen
3.1 Manajer lini garis-pertama
Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu
organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak
membawahi manajer yang lain
Manajer lini garis-pertama :
o Paling rendah
o Memimpin dan mengawasi tenaga operasional
Biasanya disebut :
o Leader
o Mandor
o supervisor
3.2 Manajer Menengah (Middle Manager)
Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa
tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan
kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional
Manajer menengah :
o Mengarahkan manajer lini
o Kadang-kadang dapat langsung ke tenaga kerja operasional
Biasanya disebut :
o Manajer departemen
o Kepala pengawas
3.3 Manajer Puncak (Top Manager)
Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi
Manajer Puncak :
o Kelompok Eksekutif
o Bertanggung jawab keseluruh manajer organisasi
Biasanya disebut :
o Direktur
o Kepala divisi

Tidak ada komentar: