Halaman Muka Blog

Sabtu, 28 Januari 2012

CARA MEMBUAT LAPORAN SEDERHANA

LAPORAN

Laporan merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi-inforamsi penting ditulis oleh seseorang yang diberi tugas atau pekerjaan

Dalam hal ini kita menekankan laporan sebagai suatu bentuk tulisan. Tulisan itu berfungsi sebagai alat komunikasi yang didalamnya ada informasi-inforamsi penting bagi seseorang, lembaga pemerintah atau dunia usaha. Seseorang yang membuat laporan tentu berkaitan dengan tugas atau pekerjaannya terhadap objek yang dilaporkan tersebut. Bahkan laporan dibuat untuk menemukan masalah dan mencari solusi atas masalah tersebut.

Supaya laporan dapat menemui fungsinya ada beberapa syarat yang harus diperhatikan yaitu :

a. Objektif, artinya hal-hal yang tercantum dalam laporan tersebut adalah fakta-fakta yang sesuai dengan keadaan di lapangan

b. Lengkap dan sempurna, artinya informasi yang ada dalam laporan tersebut memuat hal-hal yang dibutuhkan bagi orang yang menerima laporan

c. Tepat waktu, artinya laporan itu segera diserahkan untuk mengetahui kondisi yang ada, jangan menyerahkan laporan saat kondisi sudah berubah atau penerima laporan tidak memerlukannya lagi.

d. Menarik, artiknya laporan itu menarik penyampaiannya baik susunan maupun penggunaan bahasanya karena itu laporan hendaklah sistematis dan menggunakan bahasa yang resmi

Jenis Laporan

A. Laporan Formal, Sitematika sebagai berikut

1. Judul

2.Halaman pengesahan disiapkan apabila diperlukan bagi laporan yang harus disahkaan

3. Kata pengantar berisi ucapan syukur,, tujuan/untuk maksud apa laporan dibuat, pihak-pihak yang telah membantu dan ucapan terima kasih kepada yang telah membantu, harapan tentang bermanfaatnya laporan serta nama dan tanda tangan penulis

4. Daftar isi berisi : rekipulasi dari semua sub-sub judul yang ada dalam laporan. Untuk mempermudah, menggunakan angka-angka atau huruf-huruf sebagai penanda

5. Daftar Tabel, daftar gambar, dan daftar garafik, apabila pada laporan itu dilampirkan ta’sel, gambar atau grafik

6. Bagian isi karangan terdiri atas

a. Pendahuluan, mencantumkan hal-hal berikut :

- latar belakang topik yang dibahas

- rumusan maslaah judul

- alasan pemilihan judul

- pendekatan dan metode yang digunakan

- luas lingkup laporan/sistematika penulisan

a. Isi/Batang Tubuh Laporan, menguraikan inti persoalan dan segala sesuatu yang menyangkut persoalan serta pebmahasan dan penyelesaiannya

b. Penutup terdiri atas

- kesimpulan berisi : pokok-pokok penting dari persoalan yang dibahas

- saran berisi, alternatif-alternatif yang dapat diambil dalam mengatasi masalah tersebut.

7. Daftar Pustaka/Biblografi

8. Lampiran-lampiran

B. Laporan Buku

Susunan laporan buku adalah sebagai berikut

1. Pendahuluan, memuat keterangan teknis mengamati buku berisi :

- judul buku

- nama pengarang

- penerbit

- tempat dan tahun terbit

- jumlah halaman

2. Inti/isi, menyajikan ringkasan ini buku secara keseluruhan

1. Kesimpulan dan saran, memuat tentang penilaian penulisan laporan tentang kelebihan dan kekurangan dari segi is, sistematika, bahasa dan lain-lain. Disamping itu penulis laporan juga memberikan saran terhadap isi buku tersebut.

Laporan buku sering disebut juga resensi buku karena tidak hanya menyajikan inforamsi tetnang buku tersebut, tetapi juga memberikan pertimbangan berupa kelebihan dan kekurangan, buku tersebut dimata pelapor. Bahkan disertai dengan sran, hal ini dapat membantu kita dalam membaca sebuah buku.

C. Laporan Kunjungan/Laporan Perjalanan Berisi :

1. julud

2. latar belakang

3. tujuan

4. waktu dan jadwal kegiatan

5. jenis kegiatan di lokasi

6. data-data yang diperoleh di lapangan

7. kesimulan dan saran

Dalam menyadjikan laporan ini penulis menyampaikan data sesuai dengan ke fakta yang ada, untuk meyatakan pendapat penulis tentang keadaaan tersebut dimasukkan pada bagian saran

1 komentar: