/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Selasa, 29 Maret 2011

STUDI KASUS PT. FI


Tanggapilah kasus di bawah ini berdasarkan pertanyaan yang disampaikan !

PT. FREEPORT INDONESIA

PT. Freeport Indonesia (PT.FI) bekerja atas dasar perjanjian yang ditanda tangani dengan pemeintah indonesia bulan april 1967 dan memulai kegiatan eksplorasi di Ertsberg pada bulan Desember 1967.Akhir tahun 1991 perjanjian kedua ditanda tangani dan PT.FI diberikan hak oleh pemerintah indonesia untuk meneruskan operasinya selama sedikitnya 30 tahun. Kontrak ini dapat diperpanjang dua kali, masing-masing 1o tahun.

Saham yg dimiliki oleh PT.FI yg rincian sbb:

Freeportt-McMoran Copper&Gold Inc (81,28%)

Pemerintah Indonesia (09,36%)

PT.Indocopper Investama (09,36%)

Berdasarkan wacana diatas, tentukan bentuk penggabunagan badan usaha yang melandasi Pelaksanaan kerja PT.FI! Siapa sajakah yang terlibat dalam perjanjanjian tersebut ? Berapa besar saham yg dimiliki oleh masing-masing pihak? Jelaskan juga jenis-jenis saham yang etrdapat dalam badan usah tersubut !

TANGGAPAN:

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KRITERIA SOAL SEMESTER 6 (ENAM)

Senin, 28 Maret 2011

SOAL PG &ESAI .E.5


KODE SOAL; E.5

Mata Pelajaran : EKONOMI ( Perusahaan, Bisnis, dan Manajemen)

Kelas : XII AK, AP, PJ, PS

Hari/Tanggal : ......................................

Waktu : 90 Menit

Guru : Tb. Kusai, SE, S.Pd

PETUNJUK UMUM

A. BACALAH SOAL-SOAL BERIKUT INI DENGAN CERMAT KEMUDIAN PILIHLAH

JAWABAN YANG PALING BENAR !

1. Dibawah ini yang bukan merupakan ciri badan usaha koperasi adalah …………

A. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota

B. Modal dari simpanan anggota

C. Kekuasaan tertinggi ada pada rapat anggota

D. Pengelolaan secara demokratis

E. Laba dibagi sesuai dengan besarnya modal

2. Orang yang pertama mengelola usaha dalam betuk badan usaha koperasi di Indonesia yaitu koperasi rakyat yang merupakan cikal bakal Bank Rakyat Indonesia adalah…………..

A. Sumitro Djojohadikusumo D. M. Syafrudin

B. Mohammad Hatta E. R. Aria Wiria Atmaja

C. Ir. Sudarsono

3. Ahli ilmu ekonomi yang menyatakan bahwa sumber kemakmuran adalah ………..

A. Francois Quesnay D. Robert Maltus

B. David Ricardo E. Adam smith

C. Karl Bucher

4. Badan kerjasama ekonomi internasional yang bertujuan memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta di Negara berkembang adalah……

A. IMF D. IDB

B. IFC E. IDA

C. IBRD

5. Cara pembayaran internasional; dengan menggunakan surat yang ditulis eksportir dan berisi perintah kepadfa importer untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu dimasa dating,disebut…….

A. Private cooperation D. Commercial bill of exchange

B. Open account E. Letter of credit

C. Cash Payment

6. Beberapa badan usaha dilebur menjadi badan usaha yang baru dan kuat. Penggabuangan badan usaha semacam ini disebut…..

A. Concern D. Kartel

B. Holding Company E. Trust

C. Merger

7. Fungsi manajemen menurut G.R. Terry adalah …………..

A. Planing, Organizing, Actuating, dan Controlling

B. Planing, Organizing, Motivating, dan Controlling

C. Planing, Organizing, Staffing, Directing, dan Controlling

D. Planing, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling

E. Planing, Organizing, Staffing, Directing, Inovating, dan Controlling

8. Man, Money, Material, Market, Methode, Machine and Moral adalah merupakan ……

A. Fungsi Manajemen D. Tool of management

B. Tingkatan Manajemen E. C dan D yg benar

C. Sarana manajemen

9. Seorang Manajer/pembuat keputusan selalu dal kerjanya selalu memakai rumus 5W + H. tindakan manajemen tersebut termasuk dalam…..

A. Planing D. Contolling

B. Organizing E. Betul semua

C. Actuating

10. Dibawah ini adalah tugas dan wewenang Badan pengawas Koperasi:

1. Meneliti catatan yang ada pada koperasi

2. Membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya

3. Mencari segala keterangan yang diperlukan dari pengurus

4. Melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan koperasi

Yang termasuk wewenang badan pengawas koperasi adalah……………….

A. 1 dan 2 D. 1 dan 4

B. 2 dan 3 E. 1 dan 3

C. 3 dan 4

11. Cara yang ditempuh pemerintah untuk melindungi petani Indonesia dari harga gabah yang merosot adalah……

A.Memberi kredit usaha kepada petani D. Memberi BLT

B. Membebaskan pajak padapetani E.Menetapkanharga minimum

C. Menetapkan harga maksimum

12. Suatu kebijakann yg diambil presiden untuk mengatur atau memperbaiki keadaan perekonomian negara adalah ;

A. Hukum ekonomo D.peristiwa ekonomi

B. Tindakan ekonomi E. Politik Ekonomi

C. Prinsip Ekonom

13. Para era globalisasi, system perekonomian yang relative cocok adalah ‘system ekonomi pasar’yang memiliki cirri-ciri antara lain ;

A. Perekonomian berdasarkan atas dasat tradisi

B. Produksi nasional sesuai dengan kebutuhan rakyat

C. Perekonomian diatur oleh Negara

D. Hak milik perorangan dibatasi

E. Berlakunya persaingan secara bebas

14. Penetapan jumlah barang/jasa yang diimport / dieksport oleh suatu Negara disebut ………

A. Kebijakan Kuota D. Kebijakan Tarif

B. Kebijakan Proteksi E. Diskriminasi harga

C. Kebijakan Dumping

15. Negara yang memiliki kekhususan sumberdaya alam dan keahlian penduduk, Dalam perdagangan internasional akan memperoleh keuntungan mutlak,teori tsb dikemukakan oleh…..

A. J.M. Keyness D. J.S. Mill

B. Alfred Marshall E. Adam Smith

C. David Ricardo

16. Ceteris Paribus merupakan syarat berlakunya hukum ekonomi arti ceteris paribus …

A. Sama saja D. terpengaruh

B. Sama penting E. semua berubah

C. Semua fasktor yang lainnya dinggap tetap

17. Teori Nilai yang menyatakan bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh biaya yang diperlukan untuk memproduksi kembali barang tersebut, dikemukakan oleh…..

A. Adam smith D. Humme & Locke

B. H.H. Gossen E. Carey

C. David Ricardo

18. Keseluruhan Biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang dan jasa disebut …….

A. Fixed Cost D. Variabel cost

B. Average Fixed cost

C. Average Variabel cost E. Total Cost

19. Salah satu peanan badan usaha koperasi dalam perekonomian nasional adalah………..

A. memenuhi kebutuhan rakyat yang terjangkau

B. Membina masyarakat yang berpenghasilan menengah agar hemat

C. Memberi kredit kepada rakyat

D. Kegiatan ekonomi rakyat yang berwatak social

E. Wadah untuk mengembangkan perekonomian nasional berdasarkan azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

20. Nilai Koefisien korelasi antara biaya promosi dengan volume penjualan 45 % . Hal ini menunjukan bahwa hubungan kedua variable tersebut…….

A. Kuat D. Sangat lemah

B. Sangat kuat E. Sampurna

C. Lemah

21. Perhitungan analisa korelasi dapat diterapkan pada berbagai kasus ekonomi berikut ini,kecuali…..

A. Pengangguran terhadap jumlah produksi

B. Harga barang terhadap volume penjualan

C. Pendapat terhadap konsumsi

D. Tingkat bunga terhadap tabungan

E. Promosi terhadap omzet penjualan

22. Dua variable pada dalam ruang lingkup ekonomi yang merupakan hubungan sebab akibad adalah…..

A. Biaya promosi terhadap/dengan omzet penjualan

B. Modal dengan tenaga kerja

C. Harga barang dengan jumlah barang yang diminta

D. Jumlah anak dengan jumlah pendapatan

E. Kualitas barang dengan jumlah penduduk

23. Setiap perusahaan di Indonesia wajib menyusun laporan keuangan, terutama…….

A. Arus kas dan rekonsiliasi bank D. Neraca dan arus kas

B. Neraca dan persediaan barang E. Neraca dan perhit.R/L

C. Lap.perubahan modal dan perhitungan R/L

24. Tindakan Pemerintah menetapkan peraturan UU perlindungan tenaga kerja, upah minimum regional(UMR) menunjukan peran pemerintah sebagai……

A. Rumah tangga konsumen D.Rumah tangga Produsen

B. Investor E. Penentu kebijakan

C. Pengembang/depelover

25, Untuk mengerem laju inflasi pemerintah mengeluarkan ketetepan menaikan pajak penghasilan agar pengeluaran konsumsi masyarakat berkurang shingga tidak mendorong kenaikan harga barang . tindakan pemerintah ini disebut….

A. Kebijakan Fiskal D. Kredit selektif

B. Kebijakan Diskonto E. Cadangan kas minimum

C. Pasar terbuka

B. JAWABLAH SOAL APLIKASI DARI BEBERAPA KONSEP ILMU EKONOMI DIBAWAH INI!

1. Jelaskan pengertian Badan usaha PT. CV, dan Fa dengan singkat dan jelas.

2. jelaskan pengertian Manajemen denhgan singkat dan jelas!

3. Jelaskan fungsi manajemen!

4. Jelaskan pengertian Merger dan contohnya!

5. Jelaskan pengertian Forex menurut pendapatmu!

Gambar Tumpukan Uang Kertas 50.000 & 100.0000 Rupiah

Petunjuk Penggunaan Modul


1. Penjelasan bagi Siswa atau Peserta Diklat

a. Siswa atau peserta diklat diharapkan dapat mempelajari setiap bagian dalam bahan ajar kemudian mengerjakan tugas, baik tugas individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar.

b. Prosedur sertifikasi

i. Paspor keterampilan

Paspor keterampilan atau skill passport adalah dokumen rekaman pengetahuan atas kompetensi/sub kompetensi yang telah dicapai oleh pemiliknya. Paspor ini mengiformasikan pada dunia kerja dan industri tentang riwayat pencapaian kompetensi/sub-kompetensi pemiliknya.

ii. Sertifikasi kompetensi

Sertifikat kompetensi diberikan kepada peserta diklat yang lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh SMK atau lembaga diklat yang terakreditasi sebagai penyelenggara uji kompetensi. Sertifikasi kompetensi tersebut diterbitkan oleh lembaga sertifikasi, asosiasi profesi, perusahaan/industri, lembaga diklat yang memiliki kredibilitas dalam bidangnya atau lembaga diklat yang diberi wewenang oleh lembaga terakreditasi untuk menyelenggarakan ujian dan sertifikasi.

2. Peran Guru

a. Membantu siswa atau peserta diklat dalam merencanakan pembelajaran

b. Membimbing siswa atau peserta diklat melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap ajar

c. membantu siswa atau peserta diklat dalam memahami konsep dan praktik baru serta menjawab pertanyaan siswa atau peserta diklat mengenai pembelajaran siswa atau peserta diklat

d. Membantu siswa atau peserta diklat untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar

e. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan

f. Mendatangkan seorang ahli atau pendamping guru ke tempat kerja untuk membantu pembelajaran

g. Merencanakan proses penilaian dan meyiapkan perangkatnya

h. Melaksanakan penilaian

i. Menjelaskan kepada siswa atau peserta diklat tentang pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari suatu kompetensi yang perlu diperbaiki dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya

j. Mencatat pencapaian kemajuan siswa atau peserta diklat

C. Bahan dan Alat

Untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran ini, diperlukan bahan-bahan, alat, dan perlengkapan pembelajaran tertentu. Bahan, alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran pada sub-unit kompetensi ini adalah :

1. Ruang (Tempat)

Pembelajaran sub-unit kompetensi Menentukan Bentuk Badan Usaha dan memanfaatkan Lembaga Keuangan umumnya dilaksanakan di kelas, tetapi dapat juga dilakukan dengan menmanfaatkan berbagai ruang atau tempat belajar lain, seperti ruang laboratorium sejauh menggunakan sarana komputer atau pun faksimile, raung velajar kelompok, ruang kelas yang sudah dimodifikasi untuk tujuan pembelajaran ini, perusahaan (home industry) dan sebagainya

2 Bahan

Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar sub-unit kompetensi ini hampir tidak diperlukan bahan yang spesifik. Cukup menggunakan bahan yang pada umumnya digunakan pada kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti buku tulis dan sarana belajar seperti biasa.

3. Alat dan Perlengkapan

Alat dan perlengkapan yang diperlukan sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar pada unit kompetensi ini antara lain :

  1. papan tulis atau white board dengan penghapusnya
  2. overhead projector
  3. flip chart

D. Tujuan Akhir

Setelah menyelesaikan pembelajaran sub-unit kompetensi ini, siswa atau peserta diklat diharapkan mampu :

1. mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan bada usaha

2. menjelaskan keuntungan dan kelemahan bentuk-bentuk badan usaha

3. menjelaskan pengertian bentuk-bentuk badan usaha

4. menjelaskan pengertian bentuk-bentuk husus penggabungan badan usaha

5. menjelaskan pengertian uang, fungsi uang, dan teori kuantitas uang

6. menjelaskan pengertian jenis jasa perbankan

7. menjelaskan pengertian jenis jasa LKBB

E. Tes Kemampuan Awal

Sebelum mempelajari modul ini, peserta diklat harus terlebih dahulu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini

1. Sebutkan bentuk-bentuk badan usaha yang Anda ketahui !

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan bentuk badan usaha !

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

3. Apa yang Anda ketahui tentang uang ?

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

4. Sebutkan jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank yang Anda ketahui !

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT

Jika telah selesai menjawab semua pertanyaan, mintalah kunci jawaban pada guru pembimbing Anda, kemudian hitunglah jumlah jawaban Anda yang benar, dan gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan awal Anda sebelum mempelajari modul ini

Jumlah jawaban Anda yang benar x 100%

Tingkat penguasaan = jumlah soal

Arti tingkat penguasaan yang Anda capai

90% - 100% = baik sekali

80% - 89% = baik

70% - 79% = cukup

0% - 69% = kurang

Jika penguasaan Anda mencapai 80% ke atas, anda dapat langsung mengerjakan soal-soal Tes Formatif atau soal-soal Evaluasi. Namun, jika tingkat penguasaan Anda masih di bawah 80%, Anda harus mempelajari tiap bagian dalam modul ini secara cermat.